Meski Panik, Tak Ada Penghuni Rutan Takengon Kabur saat Gempa

Written By Unknown on Minggu, 07 Juli 2013 | 11.25

Laporan Wartawan Serambi Indonesia, Yarmen Dinamika

TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Saat gempa 6,2 SR mengguncang Tanah Gayo, Selasa (2/7/2013) siang, suasana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Takengon panik luar biasa. Banyak narapidana (napi) dan tahanan yang berteriak-teriak minta dibukakan pintu selnya. Petugas segera membukakan pintu dan mengumpulkan seluruh warga binaan yang jumlahnya 247 orang di lapangan rutan.

"Sampai gempa 6,2 SR berakhir yang disusul dengan gempa-gempa kecil, tak seorang pun napi dan tahanan yang melarikan diri," kata Kepala Rutan Kelas II B Takengon, Said Syahrul yang dihubungi Serambi (Tribunnews.com Network), Minggu (7/7/2013) pagi.

Menurut Said, dari 247 warga binaan di rutan tersebut, tiga orang diantaranya perempuan. Mayoritas penghuninya terlibat kasus narkoba, pencurian, penipuan, dan penganiayaan. Pada malam terjadinya gempa, kata Said, para penghuni rutan itu tidak tidur di dalam sel masing-masing yang sebagiannya retak-retak kecil.

Mayoritas napi dan tahanan tidur di masjid, kantin, dan aula, di bawah pengawalan sipir dan polisi. "Sengaja untuk malam itu saya minta tambahan personel polisi untuk mengamankan warga binaan yang tidak lagi tidur di kamarnya masing-masing," kata Said Syahrul.

Tapi pada hari-hari berikutnya, ketika terjadi gempa susulan yang magnitudenya lebih kecil dari 6,2 SR, warga binaan tidak lagi panik.

Mereka sudah tidur kembali di kamarnya masing-masing. Akibat gempa 2 Juli itu, belasan kamar hunian retak-retak kecil, satu rumah pribadi karyawan ambruk, dan dua rumah lainnya rusak ringan. Adapun rumah dinas karyawan semuanya selamat. Hanya dindingnya saja yang mengalami retak kecil.

Baca Juga:


Anda sedang membaca artikel tentang

Meski Panik, Tak Ada Penghuni Rutan Takengon Kabur saat Gempa

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/07/meski-panik-tak-ada-penghuni-rutan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Meski Panik, Tak Ada Penghuni Rutan Takengon Kabur saat Gempa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Meski Panik, Tak Ada Penghuni Rutan Takengon Kabur saat Gempa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger