Pelapor PBB bidang Penyiksaan Kecewa Sikap Bahrain

Written By Unknown on Kamis, 25 April 2013 | 11.24

TEMPO.CO, New York - Pelapor khusus PBB tentang Penyiksaan, Juan Mendez, menyatakan kekecewaan mendalamnya atas keputusan Pemerintah Bahrain untuk menunda kunjungannya ke negara itu. Mendez menuduh Bahrain berusaha untuk "menghindari tanggung jawab" dengan penundaan ini.

Kantor berita resmi Bahrain mengatakan kunjungan itu dibatalkan "sampai ada pemberitahuan lebih lanjut". Mendez, seperti dimuat BBC 24 April 2013, mengatakan, keputusan ini adalah bentuk pembatalan.

Negara kerajaan di kawasan Teluk ini dilanda kerusuhan sipil selama dua tahun. Kekerasan pada masa itu menyebabkan sedikitnya 50 orang tewas.

Mendez membantah pernyataan media Bahrain yang mengatakan bahwa ia "menunda" kunjungannya. "Perlu saya buat jelas," katanya, "Ini adalah keputusan sepihak oleh pemerintah. Sayangnya, hal ini bukan pertama kalinya Pemerintah mencoba untuk menghindari tanggung jawab atas penundaan kunjungan saya, yang awalnya seharusnya setahun yang lalu."

Senin 22 April 2013, juru bicara Luar Negeri Inggris dan Commonwealth Office (FCO) mengatakan kepada BBC, keputusan Bahrain itu "mengecewakan". Dia menambahkan, "Kami berharap bahwa tanggal baru untuk kunjungan ini dapat segera ditentukan."

Komentar Mendez ini keluar hanya beberapa hari setelah ada rilis laporan Departemen Luar Negeri AS tentang situasi hak asasi manusia di Bahrain yang menyebut tentang adanya pelanggaran "signifikan," termasuk penyiksaan dalam tahanan.

Usai keluarnya laporan itu, Duta Besar AS dipanggil Menteri Luar Negeri Bahrain Khalid bin Ahmad Al Khalifa, Senin 22 April 2013. Khalifa menyatakan kecewa atas laporan tersebut. Kementerian mengatakan laporan itu "tidak memiliki obyektivitas dan imparsialitas serta megabaikan kemajuan Bahrain dalam melindungi dan mempromosikan hak asasi manusia".

Puncak krisis Bahrain terjadi pada 14 Februari 2011 saat demonstran menduduki Pearl Roundabout di ibukota Bahrain. Mengatasi krisis itu, pasukan keamanan dari Dewan Kerjasama Negara Teluk yang dipimpin oleh pasukan Saudi Arabi memasuki Bahrain. Mereka lantas membersihkan Pearl Roundabout dari demonstran.

Pada Maret hingga April 2012, ratusan ditangkap, ribuan dipecat dari pekerjaan mereka. Protes terhadap pemerintah terus berlanjut hinga memakan 35 korban tewas. Pada 10 Februari 2013, oposisi dan kelompok pro-pemerintah melakukan dialog terbuka, tapi kerusuhan terus berlanjut.

BBC | Abdul Manan


Anda sedang membaca artikel tentang

Pelapor PBB bidang Penyiksaan Kecewa Sikap Bahrain

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/04/pelapor-pbb-bidang-penyiksaan-kecewa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pelapor PBB bidang Penyiksaan Kecewa Sikap Bahrain

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pelapor PBB bidang Penyiksaan Kecewa Sikap Bahrain

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger