Siapa Tak Trauma Lihat Serangan Penjara Sleman  

Written By Unknown on Senin, 25 Maret 2013 | 11.24

TEMPO.CO, Yogyakarta -- Sebanyak 31 tahanan yang berada di Blok A5 (Anggrek Nomor 5) di Lembaga Pemasyarakatan Cebongan di Kabupaten Sleman mengalami trauma. Mereka termangu setelah menyaksikan penembakan empat tahanan, teman satu sel mereka, oleh kawanan bersenjata pada Sabtu dinihari lalu.

"Mereka shocked. Ada yang diam, terlihat melamun, penuh tanda tanya apa yang telah terjadi," kata Kepala Lapas Cebongan, B. Sukamto, saat ditemui di Lapas Cebongan, Ahad, 24 Maret 2013.

Empat tahanan yang ditembak mati adalah Hendrik Angel Sahetapy, Adrianus Candra Galaga, Yohanes Yuan Manbait, dan Gamaliel Yemitarto Rohi Riwu. Keempatnya merupakan tahanan titipan dari Kepolisian Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Korban penembakan di dalam sel ini merupakan tersangka kasus penusukan anggota TNI Angkatan Darat Kesatuan Kopassus Kandang Menjangan Kartasura, Sersan Satu Santoso, di Hugo's Cafe di Jalan Adisutjipto Kilometer 8,5, Kabupaten Sleman, pada 19 Maret lalu. Santoso tewas dengan luka tusuk pada bagian dada sebelah kiri. Kematian Santoso inilah yang memicu horor pada dinihari itu.

Saat penembakan terjadi, ada 35 orang berstatus tahanan yang berada di dalam ruang sel tersebut. Empat tersangka pengeroyokan Santoso itu disuruh berkumpul, lalu ditembak oleh salah seorang dari kawanan itu. Begitu cepat, hanya lima menit, lalu para pelaku meninggalkan sel.

Ketakutan juga dirasakan oleh sepuluh sipir yang berjaga saat peristiwa penembakan terjadi. Menurut salah seorang sipir yang berjaga malam itu, Supratikno, delapan sipir terluka karena dianiaya oleh kawanan bersenjata itu dengan pukulan tangan hingga dipopor senapan.

Sukamto mengatakan, untuk penyembuhan mental para tahanan dan sipir itu, ia mengumpulkan tahanan tersebut pada Sabtu pagi seusai insiden. "Kami yakinkan, kejadian serupa tak akan terjadi lagi. Keamanan mereka kami jamin," ujarnya.

Upaya lainnya, Sukamto menambahkan, para sipir dan tahanan itu mendapatkan pendampingan psikolog, psikiater, dan siraman rohani dari tokoh agama. "Sipir yang berjaga kami liburkan sehari. Kami ganti dengan regu lainnya," kata Sukamto. Cara ini setidaknya ampuh meredakan ketegangan dan mengurangi kecemasan keluarga. Simak penyerangan penjara Sleman di sini.

PITO AGUSTIN RUDIANA

Topik Terhangat: Kudeta || Serangan Penjara Sleman || Harta Djoko Susilo || Nasib Anas

Berita terkait:

Operasi Buntut Kuda Penjara Cebongan Sleman

Penyerbuan LP Cebongan Bermula dari Saling Pandang

Ini Kronologi Penyerbuan Cebongan Versi Kontras


Anda sedang membaca artikel tentang

Siapa Tak Trauma Lihat Serangan Penjara Sleman  

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/03/siapa-tak-trauma-lihat-serangan-penjara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Siapa Tak Trauma Lihat Serangan Penjara Sleman  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Siapa Tak Trauma Lihat Serangan Penjara Sleman  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger