Nelson Mandela Sukses Bertempur Lawan Penyakitnya

Written By Unknown on Senin, 11 Maret 2013 | 11.24

Liputan6.com, Johannesburg : Kekhawatiran berlebih soal kesehatan Nelson Mandela ditepis. Tokoh anti-apartheid itu dinyatakan sukses bertempur melawan penyakit infeksi paru-paru yang menjangkitinya belakangan ini. Ia juga telah kembali ke rumahnya sejak Minggu (10/3), setelah menginap semalam di rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan medis -- dengan hasil bagus.

"Mantan Presiden Nelson Mandela telah kembali Minggu sore ke rumahnya di Johannesburg, menyusul pemeriksaan medis di sebuah rumah sakit di Pretoria. Para dokter telah menyelesaikan tes, dia (Mandela) telah dalam keadaan baik, namun kesehatannya masih di bawah pantauan tim medis," kata juru bicara kepresidenan Afrika Selatan, Mac Maharaj seperti dikutip situs berita Zeenews, Senin (11/3/2013).

Mandela yang kini telah berusia 94 tahun itu menjalani pemeriksaan terakhirnya di rumah sakit pada akhir pekan lalu, setelah sempat 3 bulan lalu menginap di rumah sakit akibat infeksi paru-paru dan batu empedu.

Meski telah dinyatakan dalam kondisi kesehatan yang membaik dari sebelumnya, pihak berwenang tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang kesehatannya. Begitu pula dengan pihak rumah sakit yang merawat Mandela, sehingga beberapa kelompok masih merasa khawatir soal kesehatan Sang Madiba.

Sebelumnya pada Desember 2012, Mandela menghabiskan 18 hari di rumah sakit untuk pengobatan infeksi paru dan untuk kesekian kalinya melakukan operasi untuk mengeluarkan batu empedu. Sejak bebas dari penjara pada 1990, Mandela rajin keluar masuk rumah sakit.

Keluar Masuk Rumah Sakit

Kondisi kesehatannya juga telah menjadi penyebab keprihatinan masyarakat pendukungnya selama bertahun-tahun. Terlebih karena peraih Nobel Perdamaian itu juga dianggap sebagai bapak bangsa yang memimpin perjuangan melawan apartheid untuk menuju demokrasi.

Presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan yang menjabat sejak 1994 hingga 1999 itu divonis mengidap TBC pada 1980, saat dirinya ditahan di Robben Island di Cape Town. Ketika itu ia menjalani masa tahanan hampir tiga dekade.

Mandela juga telah dirawat di rumah sakit selama 3 kali dalam 2 tahun terakhir. Ia pun jarang terlihat di depan umum, sejak pensiun dari kehidupan publik pada tahun 2004. (Tnt)

Baca Yahoo! di ponsel Anda. Klik di sini.


Anda sedang membaca artikel tentang

Nelson Mandela Sukses Bertempur Lawan Penyakitnya

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/03/nelson-mandela-sukses-bertempur-lawan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nelson Mandela Sukses Bertempur Lawan Penyakitnya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nelson Mandela Sukses Bertempur Lawan Penyakitnya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger