19.762 Jiwa Penyandang Cacat di NTB Ikut Pilkada

Written By Unknown on Senin, 11 Maret 2013 | 11.24

TEMPO.CO, Mataram - Sebanyak 19.762 jiwa penduduk Nusa Tenggara Barat (NTB) penyandang disabilitas sedang divalidasi untuk disertakan dalam pemilihan Gubernur - Wakil Gubernur NTB periode 2013-2018. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) NTB melaksanakan sosialisasi kepada 200-an orang anggota Persatuan Penyandang Cacat Indonesia NTB.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Informasi dan Pendidikan Pemilih Pengembangan Sumber Daya Manusia KPU NTB Darmansyah menjelaskan bahwa mereka ini sudah dijangkau untuk menggunakan hak pilihnya. "Mereka akan diberikan perlakukan khusus," katanya, Ahad 10 Maret 2013.

Perlakuan khusus tersebut yaitu petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) mendampingi di dalam bilik suara untuk melakukan pencoblosan sesuai yang dipilih warga penyandang cacat tersebut. "Tentu dijaga kerahasiaannya," ujar Darmansyah.

Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil NTB Bachrudin juga menegaskan sedapat mungkin mereka menggunakan hak pilihnya. "Kami mengimbau agar mereka turut partisipasi dalam Pilkada," ucapnya.

Selain penderita cacat, warga NTB lainnya yang juga memiliki hak memilih adalah mereka yang sudah jompo dan ditampung sebagai penghuni di Panti Werdha. Juga yang sedang berada di rumah tahanan maupun menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan. Tetapi jumlahnya belum tercatat di KPUD NTB.

Ada lima pasangan bakal calon yang mendaftar mengikuti pilkada NTB yang jadwalnya 13 Mei 2013 mendatang. Mereka yang mendaftarkan dirinya adalah pasangan Zulkifli Muhadli (Bupati Sumbawa Barat)-Ichsan (dosen Fakultas Peternakan Universitas Mataram), Harun Al Rasyid (eks Gubernur NTB 1998-2003)-Lalu Abdul Muhyi Abidin (anggota Dewan Perwakilan Daerah RI), pasangan calon independen Lalu Ranggalawe-Muchlis dan Zainul Majdi (Gubernur NTB 2008-2013)-Muhammad Amin (Sekretaris Partai Golkar NTB). Terakhir, adalah sesama kader Partai Keadilan Sejahtera NTB Suryadi Jaya Purnama (Ketua)-Johan Rosihan (Ketua Bidang Kebijakan Publik).

Sekarang ini hingga 18 Maret 2013 dilakukan verifikasi. Rencananya 25 Maret 2013 dikeluarkan pengumuman pasangan calon yang berhak maju dalam pemilihan. Jadwal kampanye ditetapkan 26 April 2013-9 Mei 2013.

SUPRIYANTHO KHAFID

Berita terpopuler lainnya:

Alasan Anak Buah Hercules Dekat Lokasi Apel Polisi 

Polda Temukan Kartu Intelijen di Mobil Hercules

Jokowi Ikut Nonton Music Bank Jakarta

Wawancarai Aher, Sejumlah Wartawan Dipukul Petugas

Modus Golden Traders Mirip Perusahaan di Malaysia 

Eunhyuk Ingin Belajar Bahasa Indonesia


Anda sedang membaca artikel tentang

19.762 Jiwa Penyandang Cacat di NTB Ikut Pilkada

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/03/19762-jiwa-penyandang-cacat-di-ntb-ikut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

19.762 Jiwa Penyandang Cacat di NTB Ikut Pilkada

namun jangan lupa untuk meletakkan link

19.762 Jiwa Penyandang Cacat di NTB Ikut Pilkada

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger