Tiap Bulan Dua Ton Shabu Masuk Indonesia

Written By Unknown on Rabu, 27 Februari 2013 | 11.24

Batam (ANTARA) - Deputi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN), Irjen Pol Sambudiyono mengatakan, setiap bulan sekitar 1-2 ton shabu/amphetamine masuk Indonesia melalui bandara dan pelabuhan laut.

"Sekitar 500 kilogram masuk melalui bandara internasional. Sementara 500-1.500 kilogram lainnya masuk melalui pelabuhan-pelabuhan yang tersebar terutama wilayah perbatasan," kata dia setelah menjadi pembicara dalam Rapat koordinasi Lintas Sektor Dalam Rangka Mencegah dan Memberantas Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Provinsi Kepulauan Riau di Batam, Selasa.

Narkoba tersebut, kata dia, mengakibatkan sekitar 2,2 persen atau sekitar lima juta penduduk Indonesia menjadi pengguna narkoba termasuk shabu. Angka tersebut terus menerus naik setiap tahun.

BNN, kata dia, akan memberikan perhatian khusus daerah perbatasan yang dianggap menjadi pintu masuk utama narkoba melalui perairan seperti wilayah Kepulauan Riau (Kepri), dan perbatasan lain.

"Kepri menjadi target utama pencegahan dan pemberantasan narkoba dari BNN. Dengan menutup pintu masuk, akan mampu mengeliminasi peredaran narkoba di Indonesia," kata dia.

Selain menjadi pintu masuk narkoba, kata dia, Kepri juga menempati peringkat kedua daerah rawan peredaran gelap narkoba di Indonesia.

"Provinsi Kepri, khususnya Kota Batam menempati peringkat kedua dalam peredaran narkoba secara nasional setelah Jakarta," kata Sambudiyono.

Kerugian biaya ekonomi yang disebabkan peredaran gelap narkoba di kepri pada 2012 mencapai angka Rp564 miliar, yang mencakupi konsumsi narkoba, biaya perawatan sakit akibat narkoba, biaya karena overdosis, rehabilitasi, biaya akibat kecelakaan dan tertangkap aparat kepolisian.

Kasubdit Pemberdayaan Alternatif BNN, Ali Azhar mengatakan, akan memberikan berbagai pendampingan dan pendekatan pada masyarakat di Batam untuk meningkatkan kesadaran masyarakat memerangi narkoba.

Ia mengatakan, pendampingan akan dilakukan di Kampung Aceh, Bukit Senyum, dan Belakangpadang yang menjadi wilayah peredaran narkoba di Batam.

"Tahun ini akan kami lakukan pendampingan di wilayah Batam pada tiga daerah yang menjadi pusat peredaran narkoba," kata dia.

Ali mengatakan akan bekerjasama dengan pemerintah daerah, pengusaha, dan LSM di Batam untuk bersama-sama melakukan pendampingan.(ar)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tiap Bulan Dua Ton Shabu Masuk Indonesia

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/02/tiap-bulan-dua-ton-shabu-masuk-indonesia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tiap Bulan Dua Ton Shabu Masuk Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tiap Bulan Dua Ton Shabu Masuk Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger