Narapidana mengamuk dan bakar Lapas Kualatungkal

Written By Unknown on Senin, 21 Januari 2013 | 11.24

MERDEKA.COM,

Sejumlah narapidana yang ditempatkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kualatungkal, Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Jambi mengamuk. Mereka membakar beberapa fasilitas di dalam Lapas tersebut.

Dilansir Antara, narapidana mengamuk sekitar pukul 10.00 WIB akibat tidak terima pemukulan yang dilakukan petugas Lapas terhadap warga binaan yang sempat melarikan diri pada Sabtu (19/1). Akibatnya, beberapa kamar tahanan rusak akibat kasur dan bantal dibakar penghuni Lapas.

Saat dikonfirmasi, Kalapas Kualatungkal Budi Prayitno mengatakan, peristiwa bermula ketika 56 narapidana diketahui kabur. Petugas lantas melakukan pencarian sepanjang siang hingga malam dan berhasil mengembalikan mereka ke dalam Lapas.

Namun, sejumlah narapidana mendengar adanya pemukulan yang dilakukan petugas terhadap penghuni Lapas. Akibatnya, mereka terpancing emosinya dan melakukan pengerusakan hingga membakar fasilitas yang ada.

"Akibat keributan ini beberapa kamar tahanan rusak, fasilitas lain seperti toilet juga dirusak, sebagian kaca jendela juga pecah," katanya.

Meski demikian, kerusuhan tidak membesar karena petugas Lapas dibantu aparat TNI dan kepolisian terjun ke lokasi. Mereka berusaha menenangkan para narapidana agar menahan diri.

"Ini murni kesalahpahaman, sebelumnya kami juga tengah mensosialisasikan larangan penggunaan telepon genggam secara nasional. Begitu juga pungutan liar di dalam lapas juga dilarang," tambahnya.

Sebelumnya, sekitar 60 tahanan Lapas Kualatungkal diketahui melarikan diri dengan cara menjebol sebagian dinding bangunan lapas pada Sabtu (19/1). Petugas lapas dibantu aparat kepolisian, kejaksaan dan TNI langsung melakukan pengejaran.

Hingga hari ini, 13 tahanan berhasil ditangkap kembali dan dikembalikan ke dalam Lapas. Dari data yang ada, jumlah tahanan dan narapidana di Lapas Kualatungkal mencapai 288 orang.

Sumber: Merdeka.com

Anda sedang membaca artikel tentang

Narapidana mengamuk dan bakar Lapas Kualatungkal

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/01/narapidana-mengamuk-dan-bakar-lapas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Narapidana mengamuk dan bakar Lapas Kualatungkal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Narapidana mengamuk dan bakar Lapas Kualatungkal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger