Usulan Remisi Natal Corby Menuai Kritik

Written By Unknown on Rabu, 26 Desember 2012 | 11.24

TEMPO.CO , Jakarta: Rencana pemberian remisi kepada Schapelle Leigh Corby, terpidana narkoba, dikecam oleh pegiat gerakan anti-narkoba. »Ini menunjukkan sikap tak konsisten pemerintah terhadap kejahatan kemanusiaan, seperti narkoba," ujar Ketua Umum Gerakan Nasional Anti-Narkoba, Henry Yosodiningrat, Selasa, 25 Agustus 2012.

Henry mengatakan, Corby sudah banyak menerima keringanan hukuman. »Sudah diberi grasi, lalu sekarang (diusulkan) remisi lagi. Tujuannya apa?" ujarnya. Alasan pemberian remisi kepada Corby karena berkelakuan baik juga dianggap tak masuk akal.

»Harusnya mereka yang melakukan kegiatan kejahatan kemanusiaan yang luar biasa, seperti narkoba, tak perlu diberi keringanan hukuman," kata Henry. Pemberian remisi Natal bagi terpidana kasus narkoba, ia menambahkan, juga melukai para korban.

Usul remisi bagi Corby disampaikan sebelumnya oleh Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan. »Remisi diberikan karena Corby rajin mengikuti kegiatan gereja di lapas," ujar Kepala LP Kerobokan, I Gusti Ngurah Wiranata, kemarin.

Pada Natal tahun ini, Kerobokan mengusulkan remisi bagi 53 narapidana. Surat keputusan untuk 28 orang sudah turun. Mereka yang sudah diputuskan mendapat remisi adalah para pelaku kriminal umum, seperti pencurian dan pembunuhan.

Selain itu, Kerobokan mengusulkan remisi bagi 25 narapidana yang terlibat kasus kriminal khusus, seperti pembalakan hutan, terorisme, korupsi, dan narkoba. »Tapi hingga hari ini surat keputusan bagi mereka belum turun," kata Wiranata.

Direktur Bina Narapidana dan Pelayanan Tahanan Kementerian Hukum, Rachmat Priyo Sutarjo, Selasa, 25 Desember 2012, menegaskan narapidana yang bisa mendapat remisi Natal hanyalah pelaku kejahatan biasa.

Pemerintah, menurut dia, tidak mengakomodasi remisi bagi narapidana kategori kejahatan luar biasa, seperti korupsi, narkoba, terorisme, kejahatan terhadap keamanan negara, dan kejahatan pada lingkup internasional.

SUBKHAN | TRI SUHARMAN

Berita Terkait:

Grasi Corby, Australia Diminta Bersikap Adil

MA: Grasi Corby Hak Prerogatif Presiden

Keluarga Jenguk Corby di Lapas Denpasar

Grasi SBY untuk Corby Dinilai Bukan Putusan Bijak

Grasi Dikabulkan, Hukuman Corby Dipotong 5 Tahun


Anda sedang membaca artikel tentang

Usulan Remisi Natal Corby Menuai Kritik

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2012/12/usulan-remisi-natal-corby-menuai-kritik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Usulan Remisi Natal Corby Menuai Kritik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Usulan Remisi Natal Corby Menuai Kritik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger