Lengkapi berkas Irjen Djoko, KPK periksa Sukotjo di Bandung

Written By Unknown on Sabtu, 22 Desember 2012 | 11.24

MERDEKA.COM, Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini memeriksa Direktur PT Inovasi Teknologi Indonesia Sukotjo S Bambang, di Rumah Tahanan Kebon Waru, Bandung, Jawa Barat. Dia diperiksa sebagai saksi buat Irjen Pol Djoko Susilo.

"Hari ini KPK memeriksa Sukotjo S Bambang sebagai saksi buat DS di Rutan Kebon Waru, Bandung," kata Juru Bicara KPK Johan Budi Sapto Prabowo dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (21/12).

Menurut Johan, keterangan Sukotjo Bambang diperlukan buat melengkapi berkas DS yang rencananya tidak lama lagi akan dilimpahkan ke penuntutan. Selain itu, hari ini KPK juga memeriksa Direktur PT Citra Mandiri Metalindo Abadi, Budi Susanto.

Terkait dengan kasus korupsi simulator, KPK akan melanjutkan cek fisik simulator pada bulan depan ke beberapa daerah lain. Selasa lalu, lembaga antikorupsi itu memeriksa unit simulator Surat Izin Mengemudi roda dua dan empat di beberapa lokasi yakni Depok, Serpong, Kabupaten Bogor, Tangerang, Bekasi, dan kantor Samsat Daan Mogot, Jakarta. Hal itu juga diperlukan buat menambah keterangan dalam berkas DS.

KPK juga sudah melacak aset DS diduga hasil korupsi sejak mantan Gubernur Akademi Kepolisian itu ditetapkan sebagai tersangka.

"Tapi saya belum tahu apakah rekening DS sudah diblokir atau belum," ujar Johan.

KPK telah menetapkan empat tersangka dalam kasus korupsi proyek pengadaan simulator Surat Izin Mengemudi di Korps Lalu Lintas Polri tahun anggaran 2011. Mereka adalah mantan Kakorlantas Irjen Pol Djoko Susilo, Wakil Kepala Korlantas Polri non-aktif Brigjen Pol Didik Purnomo, Direktur PT Inovasi Teknologi Indonesia Sukotjo Bambang, dan Direktur PT Citra Mandiri Metalindo Abadi Budi Susanto.

PT CMMA adalah pemenang lelang pengadaan simulator SIM pada 2011. Tetapi, karena tidak berpengalaman, mereka menggandeng PT ITI yang handal membuat unit simulator.

KPK menganggap Irjen Pol Djoko Susilo sebagai Kuasa Pengguna Anggaran dan Brigjen Pol Didik Purnomo sebagai Pejabat Pembuat Komitmen menyalahgunakan wewenang dan memperkaya diri sendiri dalam proyek pengadaan simulator SIM kendaraan roda dua dan empat pada 2011.

Penanganan kasus korupsi simulator SIM ini sempat menyulut konflik antara KPK dan Polri. Kedua lembaga penegak hukum itu saling menyatakan berhak menangani dan menyidik kasus korupsi proyek pengadaan simulator SIM. Bahkan, dalam penetapan tersangka, Polri dan KPK sama-sama menetapkan orang yang sama, yaitu Irjen Pol Djoko Susilo, Brigjen Didik Purnomo.

Namun, guna menengahi konflik antara KPK-Polri, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidato kepresidenan pada 8 Oktober lalu memerintahkan agar KPK menangani kasus korupsi simulator melibatkan Irjen Pol Djoko Susilo, Wakil Kepala Korlantas Polri non-aktif Brigjen Pol Didik Purnomo, Direktur PT Inovasi Teknologi Indonesia Sukotjo Bambang, dan Direktur PT Citra Mandiri Metalindo Abadi Budi Susanto.

Sementara itu, Badan Reserse Kriminal Polri sempat menangani perkara ketua dan anggota panitia pengadaan dan lelang proyek simulator, yakni AKBP Teddy Rusmawan dan Bendahara Korlantas Polri Kompol Legimo. Bareskrim sempat menetapkan keduanya sebagai tersangka korupsi proyek pengadaan simulator SIM 2011 dan menahan mereka. Tetapi, kini mereka telah bebas lantaran masa penahanan sudah habis.

Akibat tindakan mereka, negara diduga merugi Rp 198,6 miliar dalam proyek pengadaan simulator SIM 2011.

KPK sudah menahan Djoko Susilo di Rumah Tahanan KPK cabang Pomdam Jaya, Guntur, Manggarai, Jakarta Selatan, usai diperiksa pada 3 Desember 2012.

Sumber: Merdeka.com

Anda sedang membaca artikel tentang

Lengkapi berkas Irjen Djoko, KPK periksa Sukotjo di Bandung

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2012/12/lengkapi-berkas-irjen-djoko-kpk-periksa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lengkapi berkas Irjen Djoko, KPK periksa Sukotjo di Bandung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lengkapi berkas Irjen Djoko, KPK periksa Sukotjo di Bandung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger