KPK Pastikan Gedung Baru Punya Tahanan Koruptor

Written By Unknown on Sabtu, 29 Desember 2012 | 11.24

TEMPO.CO , Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi memastikan gedung baru yang akan dibangun pada tahun depan akan dilengkapi fasilitas tahanan koruptor. Lembaga antikorupsi itu tengah memikirkan desain penjara untuk memberi efek jera pada koruptor tersebut.

"Baru akan didesain secara keseluruhan bentuk gedungnya oleh Sekretaris Jenderal KPK. Khusus untuk rumah tahanan belum ada desainnya," ujar Busyro Muqoddas, Wakil Ketua KPK, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat, 28 Desember 2012.

Karena itu, Busyro belum bisa memaparkan sistem penjara, kapasitas, serta bentuk efek jera yang akan diberlakukan di rumah tahanan tersebut. Ia juga belum bisa memastikan apakah rumah tahanan itu mampu menampung seluruh koruptor yang telah ditangkap komisinya atau tetap mengandalkan penjara lainnya. "Soal kapasitas tergantung situasi dan kondisi," ujarnya.

Pada Oktober 2012, Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat akhirnya mencabut tanda bintang terhadap anggaran pembangunan gedung KPK. Dalam pagu anggaran 2013, anggaran gedung KPK dialokasikan sebesar Rp 72,8 miliar. Rencananya, gedung baru KPK akan didirikan di wilayah Kelurahan Guntur, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Lokasi gedung ini terletak di belakang gedung yang KPK sekarang.

Komisi Hukum DPR meminta agar pembangunan gedung baru KPK memiliki ruang tahanan. Tujuannya agar mereka mudah mengawasi tahanan yang menjalani proses hukum.

Busyro mengatakan, bangunan baru KPK nantinya menampung sekitar 3.000 pegawai, sehingga tidak lagi ada pegawai KPK yang berkantor di tempat lain seperti saat ini di Kementerian BUMN.

TRI SUHARMAN

Terpopuler:

Dirjen Pajak Segera Tagih Utang Asian Agri

Asian Agri Bersalah, KPK Harus Bidik Korupsi Pajak

Kata Denny, Sukamiskin untuk Koruptor Kelas Kakap

Kejar Teroris Poso, Polisi Aniaya 14 Petani

Ketua Fraksi Demokrat Bantah Dukung Puan Menpora

DPR Kecam Rumah Sakit untuk Syuting Sinetron


Anda sedang membaca artikel tentang

KPK Pastikan Gedung Baru Punya Tahanan Koruptor

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2012/12/kpk-pastikan-gedung-baru-punya-tahanan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPK Pastikan Gedung Baru Punya Tahanan Koruptor

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPK Pastikan Gedung Baru Punya Tahanan Koruptor

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger