Tersangka Korupsi Samosir Meninggal Usai Dibesuk Keluarga

Written By Unknown on Minggu, 21 Oktober 2012 | 11.24

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Asbel Parhusip (55), tersangka kasus dugaan korupsi penyimpangan proyek pembangunan irigasi dan Bendungan Siutolan, Nainggolan, Samosir, meninggal setelah dijenguk keluarganya, Sabtu (20/10/2012).

Asbel sempat dilarikan ke RS Bina Kasih, Medan Sunggal, sekitar pukul 12.20 WIB. Namun, nyawanya tidak tertolong dan dinyatakan meninggal 13.45.

"Diagnosa dokter serangan jantung. Dibawa dari Rutan didampingi dua orang keluarganya tadi siang pada pukul 12.20 WIB dan meninggal pukul 13.45 WIB di RSU Binakasih," ujar Kepala Rutan (Karutan) Tanjung Gusta Medan, Tonny Nainggolan via selularnya.

Kasi Penahanan Rutan Klas I Tanjung Gusta Medan, Jaya Saragih, mengatakan, berdasarkan informasi yang ia peroleh, penyakit jantung tersangka kambuh akibat terbebani pikiran bakal membayar uang pengganti korupsi yang melilitnya.

"Kalau penyakitnya, bukan kapasitas saya, tetapi kronologis yang kita dapat, tersangka masih tahanan jaksa dan ada gejala penyakit jantung," katanya.

Jaya mengakui sebelum kejadian, tersangka dibesuk keluarganya. "Setelah dijenguk itu lah, kumat (jantungnya) dan meninggal di rumah sakit," katanya.

Dokter Sakti, yang menangani pasien di Rutan Tanjung Gusta, mengatakan, berdasarkan informasi dari rekan sekamarnya, tersangka sempat minum cappucino di kamarnya, setelah dibesuk keluarganya.

Ia menduga minuman itulah yang menjadi pemicu jantungnya kambuh. Apalagi tidak ada unsur-unsur kekerasan di badan Asbel.

"Itu lah, kami dapat informasi dia minum cappucino. Kan tidak semua orang cocok minum itu. Tetapi mungkin juga apa yang disampaikan Pak Jaya terkait uang pengganti bisa membebani pikirannya. Selama ini nggak nampak stres dan senyun-senyum aja. Mungkin ditutup-tutupinya," ujarnya.

Apalagi, katanya, Asbel tidak pernah mengeluhkan jantung. ''Paling-paling hanya mengeluh penyakit maag,'' katanya.
Ia pun menceritakan kejadian yang menimpa Asbel tersebut.

"Jam 10 pagi, keluarganya antara lain abang ipar, istri, dan kerabat lain datang menjenguk. Setelah pulang, Asbel kembali ke kamarnya. Di kamarnya, ada yang melaporkan dia sesak nafas dan kejang-kejang. Tim medis langsung memberikan pertolongan pertama seperti pemberian oksigen, sembari mempersiapkan ambulans," katanya.

Setelah menyadari peralatan medis tidak memadai, pihak Rutan dan keluarga sepakat untuk membawanya ke Rumah Sakit Bina Kasih.

"Jam 12 siang tadi kami sama-sama mengantarkannya ke Bina Kasih. Tetapi nyawanya tidak tertolong lagi. Sekitar pukul 13.45 dokter menyatakan Asbel telah meninggal," ungkapnya.

Perawat RSU Bina Kasih mengatakan meninggalnya Asbel murni akibat serangan jantung.

"Tidak ada kok luka atau tanda-tanda kekerasan," ujarnya. Kasi Penkum Kejati Sumut Marcos Simaremare mengatakan berdasarkan informasi yang diperolehnya, Asbel yang selama ini menghuni Blok A-9 ini, terkena serangan jantung.

Setelah tersangka meninggal, maka kasusnya dinyatakan gugur. Penyidik Kejati Sumut telah menetapkan empat tersangka kasus dugaan korupsi penyimpangan proyek pembangunan irigasi dan Bendungan Siutolan, 22 Juli lalu.

Mereka adalah mantan Kadis PU Samosir yang juga adik ipar Bupati Mangindar Simbolon dan kini menjabat Kepala Dinas Tarukim Samosir, Patar Sitorus, Ketua Panitia Lelang yang juga Kabid Realisasi di Dinas PU Kabupaten Samosir Asbel Parhusip (almarhum), Panitia Pelaksana Teknis Kegiatan Mangoloi Sinaga dan rekanan atau pihak ketiga, Melkior Lumbanraja.

Dalam kasus ini sedikitnya 18 orang saksi telah diperiksa dan dimintai keterangan. Adapun penyimpangan yang dilakukan tersangka adalah dengan cara pengurangan volume pekerjaan, di mana saat itu jumlah anggaran yang diperuntukan sekitar Rp 2,5 miliar.

Namun Kejati Sumut masih menunggu hasil audit dari BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan) Sumut untuk mengetahui secara pasti kerugian negara dari dugaan korupsi tersebut.(irf)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tersangka Korupsi Samosir Meninggal Usai Dibesuk Keluarga

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2012/10/tersangka-korupsi-samosir-meninggal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tersangka Korupsi Samosir Meninggal Usai Dibesuk Keluarga

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tersangka Korupsi Samosir Meninggal Usai Dibesuk Keluarga

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger