Bandar Narkoba Cari Celah Masuk ke Yogyakarta

Written By Unknown on Minggu, 21 Oktober 2012 | 11.24

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Yoseph Hari W

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Pangsa pasar narkoba di Indonesia, khususnya di Yogyakarta, cukup berpotensi bagi para bandar internasional untuk mengembangkan sayapnya.

Terbukti, sepanjang rentang waktu mulai 2010 sampai 2012, setidaknya berdasarkan catatan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY, telah 7 kali petugas Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Tengah-DI Yogyakarta menangkap penyelundup narkoba di Bandara Adisucipto Yogyakarta.

Angka pengungkapan kasus narkoba di bandara tersebut terbilang tinggi. Artinya, para bandar, betapa pun sulitnya, tetap berupaya mencari celah agar dapat menjangkau pasar di kota pelajar ini.

Bagaimana tidak, masyarakat Yogyakarta yang dominan pelajar dan mahasiswa nampaknya menjadi sasaran empuk.

Direktur Reserse Narkoba Polda DIY, Kombes Pol Widjanarko, mengatakan, keberadaan mahasiswa dan pelajar di Yogyakarta menjadikan kota ini berpotensi sebagai lahan sindikat narkoba.

Selain itu, di Yogyakarta, sebagaimana di Indonesia secara keseluruhan, harga pasaran narkoba lebih tinggi dibanding negara lain di Asia.

Dia tidak menyebut berapa perbandingannya, namun dipastikan pasaran harga narkoba di Malaysia terpaut kalah jauh.

"Angka kasus yang terungkap di bandara saja terbilang tinggi selama ini. Itu kan yang terungkap, belum lagi yang lolos, tidak terungkap," kata Widjanarko.

Terungkapnya penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 213 gram dan heroin 1.174 gram di dalam kopor seorang perempuan warga Indonesia, Nur Hayati (43) di Bandara Adisucipto, Senin (15/10/2012) lalu, menurut Widjanarko, tidak lalu membuktikan pengamanan di Yogyakarta sudah rapat atau tanpa celah.

Upaya membentengi tempat-tempat yang menjadi sasaran pengedar, seperti bandara dan Lembaga Pemasyarakatan (LP), harus lebih ditingkatkan.

Dia meyakini, selain ungkap kasus narkoba terakhir di bandara yang dibawa Nur Hayati dalam penerbangannya menggunakan pesawat Air Asia AK 1324 dari Malaysia ke Yogyakarta, besar kemungkinan ada upaya-upaya penyelundupan lainnya yang berhasil lolos dari petugas.


Anda sedang membaca artikel tentang

Bandar Narkoba Cari Celah Masuk ke Yogyakarta

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2012/10/bandar-narkoba-cari-celah-masuk-ke.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bandar Narkoba Cari Celah Masuk ke Yogyakarta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bandar Narkoba Cari Celah Masuk ke Yogyakarta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger