BC Sumut Tangkap Kapal Bermuatan Pakaian Bekas

Written By Unknown on Rabu, 17 Oktober 2012 | 11.24

Medan (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Sumatera Utara berhasil menangkap satu kapal kayu bermuatan ribuan pakaian bekas di perairan Kabupaten Asahan.

"Kapal berisi lebih dari 400 bal pakaian tersebut ditangkap saat hendak memasuki kawasan Pantai Pematang Sungai Baru, Kabupaten Asahan, Senin (15/10)," kata Kepala Seksi Intelijen Kanwil Direktorat Jenderal Bea Cukai Sumatera Utara Goodman P Purba di Medan, Selasa.

Ia menjelaskan, barang bukti berupa kapal berikut ratusan bal pakaian bekas itu saat ini diamankan di Dermaga Bea Cukai Belawan, Medan.

Saat petugas Bea Cukai hendak melakukan penangkapan, di atas kapal tidak ditemukan baik nakhoda maupun anak buah kapal.

Nakhoda bersama anak buah Kapal Motor (KM) Rezeki Karya II GT 29 bernomor lambung 240 tersebut dipastikan telah melarikan diri, beberapa saat sebelum dipergoki petugas patroli Bea Cukai.

"Dari dalam kapal juga tidak ditemukan dokumen kelengkapan kapal," ujar Goodman.

Namun demikian, pihaknya akan terus berupaya mengembangkan penyelidikan kasus dugaan penyelundupan pakaian bekas yang diperkirakan diangkut KM Rezeki Karya dari Malaysia itu.

Proses pengembangan penyelidikan akan berlangsung selama 60 hari.

Jika setelah 60 hari tersangka penyelundupan pakaian bekas impor itu tidak ditemukan, pihaknya akan menetapkan kapal dan seluruh isinya sebagai barang bukti yang disita oleh negara.

Selanjutnya, kata dia, seluruh pakaian bekas tersebut akan dimusnahkan.

Tindakan memasok pakaian bekas dari luar negeri merupakan pelanggaran terhadap ketentuan umum impor, sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 640/MPP/Kep/9/2002.

Dia menyebutkan, sejak Januari 2012 hingga saat ini Kanwil DJBC Sumut sudah 14 kali menggagalkan praktik penyelundupan pakaian bekas impor.

"Kami akan terus berupaya memperketat pengawasan terhadap kemungkinan masuknya pakaian bekas asal luar negeri ke Sumatera Utara," ujar Goodman. (tp)


Anda sedang membaca artikel tentang

BC Sumut Tangkap Kapal Bermuatan Pakaian Bekas

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2012/10/bc-sumut-tangkap-kapal-bermuatan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

BC Sumut Tangkap Kapal Bermuatan Pakaian Bekas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

BC Sumut Tangkap Kapal Bermuatan Pakaian Bekas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger