KPK Segera Periksa Sekjend ESDM Demi Periksa Jero Wacik

Written By Unknown on Minggu, 29 September 2013 | 11.25

Laporan Wartawan Tribunnews.com Edwin Firdaus

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan, segera memeriksa Sekjen ESDM Waryono Karno.

Waryono, bakal diperiksa terkait kasus dugaan suap di lingkungan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Ketua KPK Abraham Samad menilai, keterangan anak buah Menteri ESDM Jero Wacik itu penting guna pengembangan kasus yang telah menjerat mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini tersebut.

"Tunggu saja. Saya belum tahu persis kapan kesiapan penyidik. Tapi yang jelas pasti akan diperiksa," kata Ketua KPK, Abraham Samad, Minggu (29/9/2013).

Abraham memastikan, Waryono akan mendapat banyak cecaran dari penyidik KPK saat diperiksa. Satu di antara materi yang akan dikonfirmasi, yakni seputar temuan uang dengan total 14,8 miliar yang diduga berasal dari penyuapan. Kekayaan milik Waryoni di LHKPN sebanyak 43 miliar, juga tak luput 'dikuliti'.

"Banyak hal yang ingin ditanyakan kepada Sekjen. Bukan cuma sekedar temuan uang. Banyak hal yang harus diklarifikasi. Semua akan ditanyakan yang berkaitan dengan kasus-kasus yang sedang disidik oleh KPK," ujarnya.

Hasil pemeriksaan Waryono, sambung Abraham, akan menjadi bekal KPK dalam mengembangkan kasus tersebut. Terutama, untuk memperbesar peluang penyidik KPK memeriksa Jero Wacik.

"Setelah sekjen, barulah bisa disimpulkan apakah kita akan melanjutkan pemeriksaan pada menterinya. Karena dari hasil keterangan sekjen nanti itu akan bisa dikembangkan," ujarnya.

Dalam kasus yang berlatar tangkap tangan itu KPK sudah menjerat Rudi Rubiandini, bos PT Kernel Oil Pte Ltd Indonesia, Simon Gunawan, dan kader Partai Demokrat Deviardi alias Ardi. Kini ketiganya sudah ditahan di Rumah Tahanan.

Baca Juga:

Suap di SKK Migas Bukan Kesalahan Sistem

KPK Periksa Staf Analisis Komersialisasi dan Kondensat SKK Migas

Cegah Korupsi, Gaji Pegawai SKK Migas Perlu Dinaikkan


Anda sedang membaca artikel tentang

KPK Segera Periksa Sekjend ESDM Demi Periksa Jero Wacik

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/09/kpk-segera-periksa-sekjend-esdm-demi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPK Segera Periksa Sekjend ESDM Demi Periksa Jero Wacik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPK Segera Periksa Sekjend ESDM Demi Periksa Jero Wacik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger