Hasil Survei BNNP, Pil Dextro Paling Banyak Diminati

Written By Unknown on Kamis, 01 Agustus 2013 | 11.24


Laporan Reporter Tribun Jogja, Bakti Buwono

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Perempuan yang menyalahgunakan narkoba lebih suka obat jenis dextro dibanding ganja, ekstasi, ataupun sabu. Selain dextro, kaum perempuan juga memakai ganja, ekstasi, sabu, luminal serta camlet. Hal itu dikemukakan Kepala pusat penelitian, data dan informasi BBN Pusat Darwin Butar-butar.

"Sedangkan pria lebih banyak mengonsumsi ganja, Sabu, Ekstasi dan Analfesik. Yang perlu diwaspadai adalah penggunaan heroin," katanya saat ditemui di hotel Ibis, Rabu (31/7/2013).

Pernyataan itu berdasarkan hasil survey BNNP di 33 Provinsi dengan menggandeng perguruan tinggi terkemuka. Total ada 25.056 responden di kalangan pekerja yang dmenjadi subjek survey. Hasilnya cukup mengejutkan.

Saat ini jenis dextro menjadi narkoba yang banyak diminati di sebagian besar provinsi. Harga yang relatif terjangkau membuat obat ini menjadi favorit pelengkap narkoba lain.

"Penggunaan sabu, ganja ataupun ekstasi cenderung menurun pada tiga tahun ini," tutur Darwin.

Dari segi umur, penyalahgunaan narkoba lebih tinggi pada umur di bawah 30 tahun. Catatan yang penting adalah ada peningkatan dua kali lipat pata pengguna narkoba perempuan di atas 30 tahun, dari 1,8 % jadi 4,1 %.

 Jumlah pengguna narkoba di Indonesia sekitar 5 % dari total populasi penduduk Indonseia. Sektor paling banyak yang menyalahgunakan narkoba adalah pekerja di sektor konstruksi, jasa dan pertambangan. Umur pengonsumsi narkoba dimulai dari kurang dari 30 tahun.

Kepala BNNP Jateng Soetarmono menambahkan, di Jateng ada sekitar 443 ribu pecandu yang tidak tertangani. Saat ini kapasitas panti rehabilitasi hanya 1.002. Ratusan ribu orang itulah yang jadi sasaran tembak sindikat dan narkoba.

"70 persen masih pekerja baik negeri atau swasta. Biasa, karena secara finansial sudah bisa beli ditambah tekanan pekerjaan," tuturnya.

Ia mengatakan, jumlah terbanyak adalah usia mulai lulus SMA hingga s1. Karena itulah, perlu perhatian khusus untuk usia produktif. Perlu ada sosialisasi dan pembentukan kader antinarkoba terus menerus tiap tahunnya di usia produktif tersebut. (bbb)

Baca Juga:

Gareth Bale Sudah Direlakan Cabut ke Real Madrid

Hasil Survei BNNP, Pil Dextro Paling Banyak Diminati

Empat Hari, Harga Emas Antam Belum Berubah


Anda sedang membaca artikel tentang

Hasil Survei BNNP, Pil Dextro Paling Banyak Diminati

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/08/hasil-survei-bnnp-pil-dextro-paling.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hasil Survei BNNP, Pil Dextro Paling Banyak Diminati

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hasil Survei BNNP, Pil Dextro Paling Banyak Diminati

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger