Kapolda Sulsel: Sidik Pungli di Sekolah

Written By Unknown on Sabtu, 20 Juli 2013 | 11.24

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR, TRIBUN -- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel Inspektur Jenderal Polisi Burhanuddin Andi menginstruksikan jajaran reserse dan kriminal (reskrim) untuk aktif menyidik dugaan praktik pungutan liar (pungli) dan lelang bangku sekolah bagi calon siswa baru di tahun  ajaran 2013/2014.

"Saya telah intruksikan penyidik di semua level untuk segera penyelidikan kasus pungli di sekolah, dan kita proses tuntas," kata Kapolda kepada wartawan usai meninjau Tahanan Tindak Pidana Korupsi (tipikor) di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Gunung Sari, Makassar, Jumat (18/7/2013).

Tim penyidik ini, jelas Kapolda Sulsel, akan mulai bekerja dengan menerima laporan masyarakat (delik aduan) dan menyidik langsung manajemen sekolah-sekolah, termasuk komite sekolah yang ada di 23 kabupaten/kota  di Sulsel. Penyidikan ini akan melibatkan dan bekerja sama instansi terkait.

Level penyidik polsek akan fokus di sekolah menengah pertama dan polres menyidik level sekolah menengah atas, SMA dan SMK, dan sederajat.

Kapolda mengkategorikan pungli adalah bentuk pelanggaran Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang berujung hukuman penjara.

Instruksi kapolda ini kian menguatkan komitmen dua lembaga penyidik negara, untuk memberantas praktik pungutan liar di lembaga pendidikan level menengah.

Pekan lalu, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel Mohammad Kohar melalui Kepala Seksi Penerangan dan Hukum (Kasi Penum) Kejati Sulsel, Nur Alim Rachim, juga mengumumkan kesiapan lembaga penyidik dan penuntut ini untuk aktif dan responsif terhadap maraknya praktik pungutan liar di sekolah menengah.

"Ragam pungli menjadi modus terjadi penyelewengan atau tindak pidana korupsi karena tidak memiliki dasar hukum untuk memungut biaya pendidikan langsung kepada wali murid," katanya.

Kajati juga mengatakan, maraknya kasus dugaan pungli dalam penerimaan siswa baru bukan hanya terjadi di Makassar, melainkan terjadi dibeberapa daerah yang tersebar di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.(ziz/cr6/cr5)

Baca Juga:

Penerimaan Siswa Baru di Bone Jadi Ladang Pungli

Polda Sulsel Mulai Usut Pungli PSB di Sekolah

Kejati Sulsel Janji Usut Pungli Penerimaan Siswa Baru


Anda sedang membaca artikel tentang

Kapolda Sulsel: Sidik Pungli di Sekolah

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/07/kapolda-sulsel-sidik-pungli-di-sekolah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kapolda Sulsel: Sidik Pungli di Sekolah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kapolda Sulsel: Sidik Pungli di Sekolah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger