Bin Ladin Pernah Ditangkap Karena Ngebut  

Written By Unknown on Rabu, 10 Juli 2013 | 11.24

TEMPO.CO, Islamabad- Pendiri Al-Qaidah, Usamah bin Ladin, ternyata pernah ditangkap polisi Pakistan karena ngebut, sembilan tahun sebelum persembunyiannya di Abbottabad, Hazara, Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan, terlacak.

Bin Ladin, yang dicari pemerintah Amerika karena menjadi dalang serangan terhadap menara kembar World Trade Center di New York, 11 September 2001, baru saja pulang dari pasar di Swat. Namun pengawalnya bisa membereskan urusan tersebut, sehingga Bin Ladin bebas.

Fakta tersebut terungkap dalam dokumen Komisi Abbottabad yang dibuat pemerintah Pakistan untuk menyelidiki seputar penangkapan Bin Ladin. Laporan yang dilansir Al-Jazeera tersebut menyebutkan banyak kejanggalan yang seharusnya bisa menjadi indikasi keberadaan Bin Ladin.

Dokumen setebal 336 halaman tersebut dibuat berdasarkan kesaksian lebih dari 200 saksi, termasuk anggota keluarga Bin Ladin, mantan kepala badan intelijen Pakistan, menteri senior di pemerintah, dan pejabat militer di berbagai tingkatan, birokrasi, serta keamanan.

Laporan itu juga menuding politikus, militer, dan intelijen ikut menunjang kelalaian aparat pemerintah ini. Misalnya, rumah persembunyian Bin Ladin yang bertembok tinggi dengan kawat berduri di atasnya bukan merupakan pemandangan normal di Kota Abbottabad. »Bagaimana seluruh lingkungan, pejabat lokal, polisi, keamanan, dan intelijen mengabaikan ukuran, bentuk yang aneh, kawat berduri, dan jarangnya kendaraan atau tamu selama enam tahun," demikian ditulis dalam laporan itu.

Menurut para istrinya, Bin Laden kabur melarikan diri dari invasi pimpinan Amerika Serikat ke Afganistan pada 2001. Dia tiba di Pakistan pada musim semi atau musim panas 2002, dan menetap selama lebih dari sembilan tahun. Bin Laden pindah ke Abbottabad pada Agustus 2005. Selama dalam persembunyiannya, Bin Ladin disebutkan kerap menggunakan topi koboi ala Amerika.

Disebut-sebut pula bahwa keputusan sepihak Amerika Serikat dalam menggelar operasi militer untuk menangkap atau membunuh bin Laden di wilayah Pakistan merupakan »tindakan perang". Bin Ladin tewas setelah pasukan khusus US Navy SEAL menggerebek persembunyiannya pada 2 Mei 2011.

AL JAZEERA | PAKISTAN TRIBUNE  | NATALIA SANTI


Anda sedang membaca artikel tentang

Bin Ladin Pernah Ditangkap Karena Ngebut  

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/07/bin-ladin-pernah-ditangkap-karena.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bin Ladin Pernah Ditangkap Karena Ngebut  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bin Ladin Pernah Ditangkap Karena Ngebut  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger