Pangusul Pilot Lion Air yang Jatuh Dites Narkoba

Written By Unknown on Selasa, 16 April 2013 | 11.24

TEMPO.CO , Jakarta:Kepala Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional, Inspektur Jenderal Benny Joshua Mamoto mengatakan, BNN memiliki alasan mengetes rambut seseorang dalam menelusuri penggunaan narkoba. Dalam standard BNN, tes rambut dilakukan jika BNN memiliki informasi seseorang yang dites pernah menggunakan narkotika.

»Misalnya tes urin negatif. Tapi kemudian kami punya catatan atau informasi atau indikasi bahwa dia pernah pakai, misalnya dua minggu lalu, baru dites rambut," ujar dia, ketika dihubungi Tempo, Senin 15 April 2013 malam.

Tes urine tak cukup. Sebab, usia kandungan zat apapun dalam urin seseorang hanya 3 sampai 4 hari. »Jadi kalau pakai (narkoba)-nya dua minggu lalu tidak terdeteksi lewat urine," Tes rambut mendeteksi lebih jauh. »Tes rambut bisa mendeteksi yang sudah lama pakai dan dosis tinggi."

Kuswardani, Kepala UPT Laboratorium BNN menjelaskan, dalam konsumsi zat apapun, sisanya dapat hilang dalam tiga hari akibat metabolisme. »Dalam kondisi cepat, metabolisme dalam tubuh tiga hari hilang." kata dia. »Sementara, kalau penggunaan banyak, bisa kita temukan di rambut. Karena di rambut, zat yang terdisposisi kecil."

Tes rambut untuk mengetahui konsumsi narkoba, kata dia, biasa digunakan dalam ujian surat izin mengemudi di luar negeri.

Tes rambut untuk narkoba mencuat kembali dalam kasus jatuhnya pesawat Lion Air JT-904 di Bali, Sabtu lalu. Sebelumnya, tes rambut muncul ketika selebritas Raffi Ahmad ditangkap BNN.

Benny mengakui sempat mengarahkan BNN Provinsi Bali agar mengingatkan pihak yang menangani kasus tersebut untuk mengetes urine pihak-pihak yang terlibat dalam penerbangan. »Kami arahkan BNNP untuk mengingatkan ke pihak yang menangani untuk mengetes urine untuk tahu konsumsi narkoba atau tidak."

ATMI PERTIWI

Berita Terpopuler

Aceng Fikri dan Ahmad Dhani Jadi Capres Idaman NU

Gaun Agnes Monica di Film Tom Cruise, 'Berbahaya' 

Hati-Hati dengan Dua Trik Pencurian Pulsa Ini  

Topik Terhangat TEMPO:Sprindik KPK || Serangan Penjara Sleman || Harta Djoko Susilo || Nasib Anas

Edisi Khusus: Modus Pencurian Pulsa di Telepon Anda


Anda sedang membaca artikel tentang

Pangusul Pilot Lion Air yang Jatuh Dites Narkoba

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/04/pangusul-pilot-lion-air-yang-jatuh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pangusul Pilot Lion Air yang Jatuh Dites Narkoba

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pangusul Pilot Lion Air yang Jatuh Dites Narkoba

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger