Sejak Bom Bali I, Densus 88 Tangkap 840 Teroris

Written By Unknown on Sabtu, 09 Maret 2013 | 11.24

TEMPO.CO, Jakarta - Ratusan teroris yang menyebar di sejumlah daerah di Indonesia telah ditangkap Detasemen Khusus Anti-Teror (Densus 88) sejak terjadinya Bom Bali I pada 2002 lalu. Jumlahnya mencapai 840-an orang. "Dari 840 orang itu hanya sekitar 60-an teroris yang tertembak mati," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai kepada Tempo, Kamis, 7 Maret 2013.

Artinya, kata Ansyaad, sekitar 700-an teroris masih hidup dipenjara atau sudah bebas. Ini juga menunjukkan jika cara yang dilakukan Densus 88 dalam menangani teroris tidak berlebihan atau melanggar HAM seperti yang dituduhkan pihak-pihak tertentu. "Kita juga tetap sediakan pengacara. Di penjara mereka juga tetap dapat remisi," ujarnya.

Dia melanjutkan, dalam operasi penangkapan teroris, Densus melakukan investigasi, penyamaran, dan pengamatan secara jelas dan terukur selama bertahun-tahun. Hal ini dilakukan agar warga sipil yang tidak terlibat tak ikut terkena dampaknya. Upaya ini juga untuk menghindari terjadinya pelanggaran HAM yang lebih besar. "Bukan ujug-ujug terorisnya langsung ditembak, tapi mereka itu sudah bertahun-tahun dikejar. Rekam jejaknya sudah diikuti betul sehingga tidak salah orang," ujarnya.

Karena itulah, Ansyaad menilai jika pihak-pihak yang mengusulkan pembubaran Densus 88 karena tuduhan pelanggaran HAM berarti tidak mengerti sulit dan bahayanya menghadapi teroris. Apalagi saat ini jaringannya tersebar di seluruh Indonesia. "Musuh itu ya teroris, bukannya Densus. Mereka yang jelas-jelas melanggar HAM berat dan musuh negara," kata Ansyaad. "Kalau Densus dibubarkan, lalu siapa yang tangkap terorisnya?," tambah mantan kepala Polda Sumatera Utara ini balik bertanya.

MUNAWWAROH

Berita terpopuler lainnya:

Kontroversi Densus

Setelah 2014, SBY Mau Buka Warung Nasi Goreng 

Rhoma Irama Tolak Permintaan Joss Stone

Mancini Isyaratkan Bakal Jual Dzeko 

Laga Gresik vs Arema Ricuh, Tiga Orang Tewas


Anda sedang membaca artikel tentang

Sejak Bom Bali I, Densus 88 Tangkap 840 Teroris

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/03/sejak-bom-bali-i-densus-88-tangkap-840.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sejak Bom Bali I, Densus 88 Tangkap 840 Teroris

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sejak Bom Bali I, Densus 88 Tangkap 840 Teroris

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger