Luthfi Hasan Inisiator Pertemuan di Medan

Written By Unknown on Jumat, 22 Februari 2013 | 11.24

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA--Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq menjadi inisiator pertemuan membahas daging sapi bersama Menteri Pertanian Suswono dan pemilik PT Indoguna Utama Elizabeth Liman.

Pertemuan itu terjadi sekitar 10-11 Januari 2013 di Hotel Aryaduta, Medan atau beberapa pekan sebelum Luthfi ditangkap KPK terkait kasus suap impor daging sapi.

Pengacara Elda Devianie Adiningrat yakni John Pieter membantah kliennya hadir dalam pertemuan untuk mencocokkan data yang dimiliki Kementan dan Asosiasi Benih Indonesia impor daging sapi. Elda yang juga ketua Asosiasi perbenihan Indonesia itu hanya ikut ke Medan menemani Elizabeth.

"Pertemuan di Medan itu ada. Tapi Bu Elda tidak hadir di restoran (tempat pertemuan). Cuma ikut ke Medan karena diajak menemani Ibu Elisabeth (Dirut PT Indoguna)," kata John Pieter saat mendampingi kliennya diperiksa KPK, Jakarta, Kamis (21/2).

Sebelumnya pengacara Luthfi Hasan yakni Mohammad Assegaf mengatakan bahwa pertemuan di Medan digagas oleh Elizabeth yang saat itu mewakili asosiasi perdagangan untuk membawa data kuota impor daging sapi. Karena datanya tidak cocok dengan data versi Kementerian Pertanian, Elisabeth meminta bertemu dengan Suswono agar dilakukan uji publik.

Terpisah, Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas menyatakan pihaknya tengah menggali peran Suswono terkait pertemuannya dengan Luthfi Hasan yang diduga membahas kuota impor daging sapi di Medan. "Itu yang sedang dikembangkan. Jika nanti ada progress, pasti akan disampaikan Pak Juru Bicara," kata Busyro.

Menurut Busyro, dalam melakukan pengembangan itu, penyidik menggunakan strategi khusus untuk menemukan adanya unsur perbuatan melawan hukum (PMH) yang dilakukan Suswono.

Pengembangan itu termasuk menggali alat bukti berupa rekaman antara Menteri Suswono dengan Luthfi Hasan Ishaaq, sebelum adanya transaksi suap PT Indoguna Utama terjadi. "Ya (sedang) didalami. Itu tidak mudah dan tidak boleh grasak-grusuk," kata Busyro tanpa merinci strategi khusus yang digunakan.

Menurut Buysro, kasus pengurusan impor daging sapi melibatkan sistem kartel antara birokrat, pengusaha, dan politikus. Busyro mengklaim tim penyidik juga sedang melakukan pendalaman untuk menemukan siapa saja subjek hukum yang melakukan pelanggaran. "Kasus bisnis sapi ini kan sistem. Sistem itu sedang kami kaji (dengan) pendekatan sistemik," kata Busyro.

Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan mantan Luthfi Hasan dan orang dekatnya Ahmad Fathanah, serta dua direktur PT Indoguna, yakni Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi sebagai tersangka.

KPK Juga menyita barang bukti yang diduga merupakan uang suap Rp 1 milliar. Uang itu diduga sebagai panjer dari total Rp 40 milliar yang akan diberikan PT Indoguna. Dalam membantu Indoguna, Luthfi diduga menggunakan kekuasaannya sebagai Presiden PKS, mengingat, Mentan Suswono juga merupakan kader PKS.

Luthfi kemarin juga diperiksa KPK sebagai saksi bagi Ahmad Fathanah. Berbeda dari biasanya, Luthfi tiba di KPK tanpa baju tahanan KPK berwarna putih. Baju tersebut ia pegnang saja hingga masuk gedung KPK.

Luthfi adalah tersangka dalam kasus dugaan suap ini bersama tiga orang lainnya. Mereka adalah direksi PT Indoguna Utama yaitu Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi, serta Ahmad Fathanah.

Fathanah merupakan kurir dari Luthfi. Dia mengambil uang Rp 1 miliar di kantor Indoguna, di mana KPK menduga uang tersebut diperuntukkan untuk Luthfi
Terpisah, Ketua DPP PKS Hidayat Nurwahid mengatakan bahwa hubungan antara Ridwan Hakim dengan Luthfi Hasan seperti saudara jauh.

Ridwan Hakim sedianya diperiksa KPK pekan lalu terkait kasus impor daging sapi. Namun putra dari Ketua Dewan Majelis Syuro PKS Hilmi Aminudin terlebih dulu pergi ke Turki sebelum dicegah KPK.


Anda sedang membaca artikel tentang

Luthfi Hasan Inisiator Pertemuan di Medan

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/02/luthfi-hasan-inisiator-pertemuan-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Luthfi Hasan Inisiator Pertemuan di Medan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Luthfi Hasan Inisiator Pertemuan di Medan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger