Tempo Raih Penghargaan Adinegoro

Written By Unknown on Rabu, 23 Januari 2013 | 11.24

TEMPO.CO, Jakarta-»Tangan Godfather di Kampung Ambon", tulisan Majalah Tempo ini meraih penghargaan Adinegoro 2012 kategori Juranlistik Investigasi, Selasa 22 Januari 2013. Tulisan yang dimuat di Majalah Tempo edisi 8 Mei 2012 tersebut, menceritakan lika-liku peredaran narkoba di Kampung Ambon, Jakarta.

»Narkoba itu musuh nomor satu yang harus diperangi oleh bangsa Indonesia, bukan terorisme, karena itu pilihan tema ini sangat cocok untuk situasi saat ini dan menyangkut kepentingan masyarakat banyak," kata dewan juri S Sinansari Ecip.

Dewan Juri Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2012 Kategori Jurnalistik Investigasi, yaitu HermienY Kleden  (Executive Editor Tempo Media Group), S Sinansari Ecip (dosen Universitas Sahid, wartawan senior), dan Marah Sakti Siregar (Ketua Umum Yayasan Sekolah Jurnalisme Indonesia)

Marah Sakti Siregar mengatakan liputan Kampung Ambon yang ditulis Mustafa Silalahi dan kawan-kawan merupakan ide orisinal. »Bisnis narkoba di Kampung Ambon sudah lama terjadi, tetapi isi tulisan ini banyak menyajikan informasi baru yang dilakukan dengan praktik investigasi dan ada unsur membangun," ujar Marah Sakti Siregar.

Penghargaan Adinegoro juga  diberikan untuk kategori Jurnalistik Infotainmen. Dalam kategori ini, pemenangnya "Village Pasing the Wayang Wong Baton" karya Agnes Winarti yang dimuat di The Jakarta Post edisi 24 Mei 2012. Tulisan ini menceritakan pelestarian seni tradisi wayang wong di Bali di kalangan generasi muda.

Dewan Juri kategori Jurnalistik Infotainmen terdiri dari Pius Pope (Pengajar Broadcasting di Lembaga Pers Dr Soetomo), Amalia E Maulana (Brand Consultant & Ethnographer di Etnomark Consulting, pengajar di Binus Business School), dan Rita Sri Hastuti (Pengurus PWI Pusat dan Asosiasi Tradisi Lisan, pengajar Penyuntingan Bahasa Indonesia di Politeknik Negeri Jakarta).

 Anugerah Adinegoro pada tahun ini menilai karya jurnalistik dalam enam kategori yaitu jurnalistik tulis untuk karya jurnalistik berkedalaman (Depth News), Tajuk Rencana/Opini, Jurnalistik Foto, Jurnalistik Karikatur, Jurnalistik Televisi, dan Jurnalistik Radio masing-masing untuk satu pemenang dengan hadiah masing-masing kategori Rp 50 juta dan trofi yang akan diserahkan di puncak peringatan Hari Pers Nasional 2013 pada tanggal 9 Februari 2013 di Manado.

Penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro diberikan setiap tahun oleh PWI menyambut Hari Pers Nasional. Penghargaan ini mengadopsi nama tokoh pers nasional Djamaludin Adinegoro, (14 Agustus 1904 – 8 Januari 1967).

YANDI


Anda sedang membaca artikel tentang

Tempo Raih Penghargaan Adinegoro

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/01/tempo-raih-penghargaan-adinegoro.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tempo Raih Penghargaan Adinegoro

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tempo Raih Penghargaan Adinegoro

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger