Pertamina Bantah Miliki Kapal Pencuri BBM  

Written By Unknown on Rabu, 30 Januari 2013 | 11.24

TEMPO.CO, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menegaskan bahwa mereka bukanlah pemilik kapal MT Serena, yang kemarin ditangkap setelah menyelundupkan solar ke kapal berbendera Singapura. Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan, kapal tersebut disewa dari PT SKR.

"Kapal MT Serena merupakan kapal carter yang merupakan kapal reguler angkutan bahan bakar minyak dari Terminal Tanjung Uban atau Sambu ke Depot BBM Pontianak," kata Ali dalam keterangan tertulis, Selasa malam, 29 Januari 2013.

Sebelumnya, Direktur Bahan Bakar Minyak Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto mengatakan, kapal penyelundup BBM yang tertangkap adalah milik Pertamina. Djoko juga mengatakan, ada oknum Pertamina yang terlibat dalam kejahatan ini.

Ali juga membantah bahwa BBM yang diangkut adalah solar bersubsidi. Dia menjelaskan, ketika dicuri, status BBM ini masih milik Pertamina. "Minyak solar yang dibawa bukan BBM bersubsidi karena statusnya masih milik Pertamina sehingga tindakan ini sangat merugikan perusahaan," kata Ali.

Pertamina menyatakan akan berkoordinasi dengan BPH Migas, Bea Cukai, Kepolisian Perairan Batam, dan aparat terkait lainnya untuk menyelesaikan kasus ini. Selain menindak pelaku penyelundupan, perusahaan penyedia kapal juga akan dikenai sanksi.

"Pertamina akan menindak tegas perusahaan penyedia kapal dengan memasukkannya dalam daftar hitam untuk tidak diperbolehkan mengikuti tender carter kapal di Pertamina," kata Ali.

Pada Selasa, 29 Januari 2013, kapal MT Serena bermuatan 3.684 kiloliter atau sekitar 3.600 ton solar bertolak dari Pulau Sambu menuju Pontianak. Kapal tersebut ditangkap Bea Cukai di perairan Batam.

Djoko Siswanto mengatakan, pada saat ditangkap, 30 ton solar telah dipindahkan ke kapal MT Cahaya yang berbendera Singapura. Djoko mengatakan, penyelundup berencana menyelundupkan 600 ton solar.

BERNADETTE CHRISTINA

Terpopuler:

Status BBM Wanda Hamidah Sebelum Diciduk BNN

Alasan BNN Masih Tahan Raffi dan Wanda

Tersandung Narkoba, Wanda Membela Diri di Facebook

Begini Efek Narkoba yang Dipakai Raffi Ahmad

Raffi Ahmad Dapat Narkoba dari Kampung Ambon?


Anda sedang membaca artikel tentang

Pertamina Bantah Miliki Kapal Pencuri BBM  

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/01/pertamina-bantah-miliki-kapal-pencuri.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pertamina Bantah Miliki Kapal Pencuri BBM  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pertamina Bantah Miliki Kapal Pencuri BBM  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger