Obama Tunjuk Mantan Senator Republik Jadi Menhan

Written By Unknown on Selasa, 08 Januari 2013 | 11.24

TEMPO.CO, Washington - Presiden Barack Obama pada hari Senin menominasikan mantan Senator Partai Republik, Chuck Hagel, sebagai menteri pertahanan berikutnya dan penasihat kontraterorisme John Brennan untuk memimpin CIA. Penunjukkan keduanya diramal banyak pihak bakal "menyulitkannya" untuk memulai masa jabatan keduanya.

Hagel sebelumnya pernah membuat komentar kontroversial tentang Israel dan gay, sementara Brennan menghadapi pertanyaan-pertanyaan mengenai pandangannya sebagai pejabat CIA dalam pemerintahan Bush pada penggunaan apa yang disebut teknik interogasi, yang dianggap sebagai bentuk penyiksaan terselubung bagi tersangka terorisme.

"Saya berharap Senat memutuskan segera, karena kami tidak ingin meninggalkan banyak celah dalam keamanan nasional di masa transisi ini. Kita harus bergerak cepat dalam hal ini," kata Obama dalam satu pernyataan. Sebelumnya Obama telah menunjuk Senator Demokrat John Kerry sebagai nomine untuk menteri luar negeri.

Hagel, 66 tahun, tampaknya menghadapi perjuangan keras untuk mendapatkan persetujuan Senat yang dikendalikan kubu Demokrat. Omongan Obama, yang memuji mantan anggota parlemen dari Nebraska ini sebagai seseorang "yang menanggung bekas luka dan pecahan peluru dari pertempuran di Perang Vietnam", tak mampu meluluhkan hati Kongres. Ia dikenal sebagai anti-Israel, kendati Hagel dengan tegas menolaknya.

Brennan, di sisi lain, menghadapi oposisi yang tidak langsung, membuatnya lebih gambang mendapat persetujuan. Dia menarik namanya dari pertimbangan untuk jabatan puncak CIA pada tahun 2008 setelah menghadapi kritik atas metode interogasi yang kasar untuk menghasilkan informasi yang berguna dari tahanan.

Tidak ada bukti Brennan terlibat langsung dalam program era Bush itu, termasuk teknik seperti waterboarding, suatu bentuk simulasi tenggelam, dan kurang tidur. Namun sebagai penasihat kontraterorisme Gedung Putih, ia adalah pemain kunci dalam operasi rahasia yang menyebabkan kematian Osama bin Laden pada tahun 2011. Dia juga disebut-sebut berada di jantung kebijakan yang berhubungan dengan serangan drone di Yaman.

REUTERS | TRIP B


Anda sedang membaca artikel tentang

Obama Tunjuk Mantan Senator Republik Jadi Menhan

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/01/obama-tunjuk-mantan-senator-republik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Obama Tunjuk Mantan Senator Republik Jadi Menhan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Obama Tunjuk Mantan Senator Republik Jadi Menhan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger