PKS Yakin Hakim Yamanie Mundur Terkait Gembong Narkoba

Written By Unknown on Rabu, 21 November 2012 | 11.24

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politisi PKS Indra meyakini pengunduran diri Hakim Agung Ahmad Yamanie terkait dengan Putusan PK (Peninjauan Kembali) gembong narkoba Hengky Gunawan.

Menurut Anggota Komisi III DPR RI itu putusan Majelis PK MA atas gembong narkoba Hengky Gunawan memang penuh dengan kontroversi. "Pertama persoalan putusan PK MA yang membatalkan putusan mati menjadi 15 tahun, dengan alasan yang terkesan dipaksakan dan diadakan," kata Indra dalam keterangannya, Rabu (21/11/2012).

Indra mengatakan alasan HAM yang dipakai Majelis Hakim PK untuk membatalkan hukuman mati patut diduga sangat keliru. Karena, kata Indra, justru terpidana narkoba tersebut telah melakukan pelanggaran HAM yang lebih besar, yakni merusak jutaan generasi penerus bangsa telah menjadi korban dari bandar narkoba tersebut. "Narkoba merupakan kejahatan yang luar biasa yang daya rusaknya bisa lebih berbahaya dari korupsi dan terorisme," katanya.

"Tentunya Putusan PK tersebut sangat mungkin mencederai rasa keadilan publik, terutama jutaan korban narkotika dan keluarganya," lanjutnya.

Persoalan lainnya, kata Indra, adalah dugaan pemalsuan salinan putusan dari 15 tahun menjadi 12 tahun. Berdasarkan hal tersebut, Indra menduga putusan gembong narkoba Hengky Gunawan sangat kental keterlibatan mafia narkoba dalam pengaturan putusan dan  patut diduga terjadi praktek suap serta pemalsuan. Untuk itu, kata Indra, MA dan KY semestinya melakukan investigasi atau penyelidikan atas putusan gembong narkoba Hengky Gunawan. "Seluruh majelis hakim PK yang menyidangkan kasus gembong narkoba Hengky Gunawan dan juga panitera pengganti kasus tersebut harus diperiksa," tuturnya.

Selain itu, tutur Indra, pihak aparat penegak hukum harus memproses dugaan pidananya. Kepolisian menyelidiki dugaan pemalsuan putusannya, sedangkan KPK juga menyelidiki dugaan suapnya.

"Jadi dengan mudurnya Hakim Agung Ahmad Yamani, bukan berarti skandal atas putusan PK MA atas gembong narkoba Hengky Gunawan selesai dan MA tidak boleh lepas tangan dari skandal tersebut sampai segala sesuatunya jelas dan tuntas diperiksa," tukasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

PKS Yakin Hakim Yamanie Mundur Terkait Gembong Narkoba

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2012/11/pks-yakin-hakim-yamanie-mundur-terkait.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

PKS Yakin Hakim Yamanie Mundur Terkait Gembong Narkoba

namun jangan lupa untuk meletakkan link

PKS Yakin Hakim Yamanie Mundur Terkait Gembong Narkoba

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger