Cina Stop Gunakan Organ Terpidana Mati untuk Donor

Written By Unknown on Minggu, 25 November 2012 | 11.24

Liputan6.com, Beijing : Banyaknya permintaan organ tubuh di Cina membuat terpidana mati menjadi sasarannya. Cina menjadikan terpidana mati sebagai sumber utama transplantasi organ. Namun dalam dua tahun ini, Cina akan menghentikan praktik transplantasi organ dari terpidana.

Kelompok Hak Asasi Manusia Internasional menuduh Cina mengambil organ dari tahanan yang dieksekusi tanpa persetujuan terpidana dan keluarganya.

"Transplantasi organ di Cina akan mengakhiri ketergantungan sumbangan dari tahanan yang dieksekusi dalam dua tahun," kata Huang Jiefu, Wakil Menteri Kesehatan, kepada China News seperti dikutip dari mediIndia, Sabtu (24/11/2012).

Beijing sebelumnya sudah membuat janji yang sama, tapi komentar dari Huang mewakili penawaran dalam jangka pendek. Tidak jelas apakah secara keseluruhan akan dihentikan.

Negara Tirai Bambu itu sudah menyiapkan sistem donor secara sukarela. Lebih dari 1.000 organ dikumpulkan dari 38 pusat yang dibuka dua tahun lalu.

Cina melarang perdagangan organ tubuh manusia pada 2007,. Tetapi permintaan transplantasi jauh melebihi pasokan di negara berpenduduk 1,3 miliar orang itu.

Donor organ di Cina tidak besar karena orang di Cina meyakini kalau orang akan bereienkarnasi setelah kematian dan karena itu ia perlu menjaga tubuhnya.

Dari data statistik resmi, sekitar 1,5 juta pasien membutuhkan transplantasi setiap tahunnya, tetapi hanya sekitar 10.000 yang melaksanakan. Inilah yang membuka pintu dilakukan sumbangan paksa dan penjualan organ ilegal.

Cina sudah mengeksekusi sekitar 4.000 tahanan pada tahun lalu, menurun 50 persen sejak 2007.

Pada 2009, media pemerintah mengutip seorang juru bicara kementerian kesehatan yang mengatakan hak-hak terpidana mati dihormati dan persetujuan tertulis dari para tahanan diperlukan sebelum organ mereka bisa didonorkan.(MEL)

Baca Yahoo! di ponsel Anda. Klik di sini.


Anda sedang membaca artikel tentang

Cina Stop Gunakan Organ Terpidana Mati untuk Donor

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2012/11/cina-stop-gunakan-organ-terpidana-mati.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Cina Stop Gunakan Organ Terpidana Mati untuk Donor

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Cina Stop Gunakan Organ Terpidana Mati untuk Donor

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger