Bandung Tahun Ini Tangani Tiga Kasus Korupsi Besar

Written By Unknown on Rabu, 10 Oktober 2012 | 11.24

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung termasuk satu dari sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat yang "cukup berprestasi" dalam memunculkan kasus korupsi. Selama setahun ini atau pada 2012 setidaknya ada tiga kasus korupsi yang cukup menonjol dan menjadi pembicaran publik terjadi di Pemkot Bandung.

Pertama, kasus dugaan korupsi dana bansos tahun 2009-2010 yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 66,6 miliar. Kasus ini sekarang dalam tahap persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung. Pada kasus ini jaksa telah menetapkan tujuh terdakwa.

Mereka adalah Bendahara Pengeluaran Sekretariat Daerah Kota Bandung, Rochman, Ajudan Walikota Bandung Yanos Septadi, Ajudan Sekda Kota Bandung Luthfan Barkah, Kabag TU Uus Ruslan, staf Pemkot Bandung Firman Himawan, Kuasa Bendahara Umum Daerah 2009 Havid Kurnia, dan Kuasa Bendahara Umum Daerah 2010 Ahmad Mulyana. Ketujuh terdakwa hanya dikenai tahanan kota.

Kasus kedua adalah kasus korupsi pembangunan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) di Jalan Caringin, Kota Bandung pada 2010. Pada kasus ini negara dirugikan Rp 700 juta.
Pada kasus ini penyidik Kejari Bandung telah menetapkan tiga orang tersangka, yakni Staf Ahli Wali Kota Bandung berinisial NSK. Wanita berkulit putih ini saat kejadian menjabat sebagai Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung. NSK kini ditahan di Lapas Wanita Sukamiskin, Bandung.

Dua orang lainnya yakni DB yang bertugas sebagai PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) dan EG yang berperan sebagai kontraktor pelaksana yang mengerjakan proyek bermasalah itu. Saat ini kasus tersebut segera disidangkan di Pengadilan Tipikor Bandung. DB dan EG kini ditahan di Rutan Kebonwaru.

Kasus ketiga adalah mark-up yang terjadi di Sekretariat DPRD Kota Bandung pada 2008-2009 yang merugikan keuangan negara Rp 690 juta. Pada kasus ini Ebet Hidayat, mantan Sekwan yang kini menjabat Kadispora Kota Bandung jadi tersangka bersama dua anak buahnya  EM dan AK. (Tribun Jabar/Ichsan)


Anda sedang membaca artikel tentang

Bandung Tahun Ini Tangani Tiga Kasus Korupsi Besar

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2012/10/bandung-tahun-ini-tangani-tiga-kasus.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bandung Tahun Ini Tangani Tiga Kasus Korupsi Besar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bandung Tahun Ini Tangani Tiga Kasus Korupsi Besar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger