Tiga Kejanggalan Penyerangan LP Cebongan  

Written By Unknown on Jumat, 29 Maret 2013 | 11.24

TEMPO.CO, Jakarta - Penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cebongan pada 23 Maret 2013 dini hari berlangsung 15 menit. Dari fakta yang berserakan, penyerbuan itu menyisakan beberapa kejanggalan. Berikut ini kejanggalan-kejanggalan atau pertanyaan seputar fakta peristiwa yang terjadi.

Tempat Penitipan Tahanan

Peristiwa bermula pada Selasa dinihari, 19 Maret 2013. Anggota TNI AD Sersan Satu Santoso ditemukan tewas di Hugo's Cafe, Sleman, DIY. Siangnya, seluruh pelaku pengeroyokan berhasil ditangkap jajaran Polda. Awalnya, keempat pelaku ditahan di Kepolisian Resor Sleman, kemudian dipindah ke Mapolda Yogyakarta. Dengan alasan sel di Mapolda rusak, maka dititipkan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) II-B Cebongan.

Menjadi pertanyaan, mengapa harus menunggu empat hari dilakukan pemindahan, padahal alasannya faktor keamanan? Mengapa penitipan tahanan tidak dilakukan di LP kelas I-A Wirogunan, Yogyakarta, yang letaknya lebih dekat dari pusat kota? Saat itu penyelidikan sudah diambil alih Polda. LP Cebongan yang terletak di Desa Sumberadi, Kecamatan Mlati, itu jauh dari keramaian serta diapit kebun singkong dan sawah. Lokasi ini menguntungkan penyerang.

Tidak Ada Jaminan Keamanan di LP Cebongan

LP Cebongan kurang mendapat pengamanan setelah empat tahanan datang ke LP. Kepala LP, Sukamto, sekitar pukul 13.30, meminta penambahan personel keamanan ke Kepolisian Resor Sleman dan Mlati. Ketika itu polisi menjamin pengamanan LP. Sekitar pukul 18.30, Sukamto mendapat informasi dari anak buahnya bahwa ada gerombolan yang mendatangi Yogyakarta terkait pembunuhan anggota Kopassus. Sukamto langsung menghubungi Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Yogyakarta, Rusdianto, meminta tambahan pengamanan dari polisi. Sayang, Rusdianto sampai pukul 23.30 tidak bisa mengontak petinggi Polda.

Padahal, setelah pelaku pembunuhan dititipkan di LP Cebongan, Kapolda Yogyakarta Brigadir Jenderal Sabar Rahardjo mengaku sudah meminta jaminan keamanan kepada Pangdam IV Mayor Jenderal Hardiono Saroso. "Saya jamin, Dik, tidak akan terjadi apa-apa," seru Kapolda menirukan jawaban Hardiono.

Dari kronologi kejadian, pelaku penyerangan ternyata hanya mengumpulkan kepala keamanan Margo Utomo dan para sipir. Saat peristiwa terjadi, tidak ada anggota kepolisian, yang berarti tidak ada pengamanan tambahan.

Peluru Kaliber 7,62 Milimeter

Menurut polisi, 31 selongsong dan 20 proyektil yang ditemukan saat penyerangan LP Cebongan merupakan peluru kaliber 7,62 milimeter. Pihak TNI langsung cepat menyanggah peluru itu berasal dari senjata TNI. "Setahu saya, itu sudah bukan standar TNI lagi," kata Kepala Badan Intelijen Nasional Marciano Norman. Kaliber 7,62 mm biasanya digunakan pada senapan AK-47.

Pelaku sepertinya pintar memilih senjata AK-47 karena rata-rata kesatuan TNI sudah memakai senjata SS1 dengan kaliber peluru 5,56 mm. Namun belum tentu juga senapan yang dipakai pelaku penyerangan LP menggunakan AK-47. Kaliber 7,62 mm juga masih digunakan pada senapan Sabhara Rifle, sebuah varian dari SS1 yang banyak digunakan oleh TNI dan Polri. Selain itu, kaliber 7,62 mm juga digunakan untuk senjata sniper. Kelebihan AK-47 adalah tahan banting. Apalagi kaliber 7,62 mm sudah bisa diproduksi oleh Pindad.

EVAN | PDAT | Sumber Diolah Tempo

Topik Terhangat Tempo.co: Agus Martowardojo || Serangan Penjara Sleman || Krisis Bawang || Harta Djoko Susilo || Nasib Anas

Baca juga

TNI Benarkan Pesan Peluru 7,62 Milimeter ke Pindad

Pengacara Korban LP Cebongan Kecewa CCTV

Penyerang LP, Polisi Enggan Berandai-andai


Anda sedang membaca artikel tentang

Tiga Kejanggalan Penyerangan LP Cebongan  

Dengan url

http://kriminalitasheboh.blogspot.com/2013/03/tiga-kejanggalan-penyerangan-lp.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tiga Kejanggalan Penyerangan LP Cebongan  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tiga Kejanggalan Penyerangan LP Cebongan  

sebagai sumbernya

1 komentar:

Alexandra Christie mengatakan...

Dapatkan Bonus Angpao Tanpa Deposit Edisi Imlek 2021... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger